Tips Praktis Promosi Jabatan (2)

admin 16/10/2015 0
Tips Praktis Promosi Jabatan (2)
1
0

0
0
1

Resep Praktis Promosi Jabatan (2)

Oleh: Eka Wartana

 

Minggu lalu kita sudah bergossip ria tentang Resep Promosi 2B: Before

Memenuhi janji saya, sekarang kita intip B yang satunya lagi: Better. (Jadi pengin kue kering kesukaan saya nih…..)

BETTER (Lebih baik)

1. Buktikan hasil kerja yang lebih baik dari yang lainnya dan lebih baik dari yang diharapkan atasan.

Surprise your boss, even… make him exited. Hasil yang biasa biasa saja, tidak membedakan kita dengan karyawan lainnya. (Kecuali kalau boss sakit jantung….jangan buat beliau terkejut…., ntar dikira Anda berambisi menggantikannya…)

 2.  Selalu cari cara kerja yang lebih baik, lebih efisien, efektif.

Selalu melakukan perbaikan proses secara berkesinambungan (CI: “Continuous improvement”). (CI itu penyakit menular….. karena CI akan menularkan improvement pada gaji kita…. Gak percaya? Ya, udah…..)

3.  Terapkan cara komunikasi yang lebih baik.

Berkomunikasi dengan kecerdasan emosional akan memberi hasil yang lebih baik.

Metode komunikasi yang dipakai disesuaikan dengan tipe atasan. (Kalau atasannya orang Jawa, jangan ngomong ceplas ceplos…. Kalau boss nya orang Batak, tidak apa ngomong blak-blakan, pakai cara  BTL: Bicara Tembak Langsung!)

4.  Cari timing (waktu), situasi, dan cara yang lebih baik ketika menghadap atasan.

Komunikasi dilakukan pada waktu dan cara yang salah bisa berakibat buruk. Terutama ketika mengajukan proposal. Sebaiknya kita memperhatikan ‘mood’ dan beban kerjanya. (Kalau dia lagi jelek mood-nya, tunda dulu usulannya atau ubah mood nya dengan berita bagus….. Kalau dia lagi sibuk, biarkan dia sibuk sendiri – kecuali bila Anda mau bantu dia dan dianya mau dibantu..…)

5.  Bantu dia untuk menciptakan ‘image’ yang lebih baik dimata atasannya atasan.

Dalam hal ini tidak perlu dengan ‘menjilat’ ataupun dengan muslihat. Tapi dilakukan secara professional. Paling tidak jangan permalukan dia dimata atasannya. Tentunya juga dihindari mem-bypass dia ke atasan langsungnya. (Bypass jantung juga cukup berbahaya lho! Akibatnya bisa sehat, bisa akhirat…. Tapi ada juga orang yang senang seperti ini…. Ngebut supaya cepat sampai tujuan, dan berakhir di UGD atau kuburan)

6.  Miliki attitude yang lebih baik.

Hindari ber-gossip dalam jam kerja. Memiliki self-discipline (disiplin diri). Memegang komitmen dan tanggung jawab. Ber integritas. (Ada atau tidak atasan, hal itu tidak memengaruhi disiplin sendiri. Ada orang yang senang jadi ‘tikus’ lho… ‘kalau kucing pergi, tikus menari-nari’……)

7.  Kelola waktu dengan lebih baik.

Bekerja dengan prioritas. Lakukan delegasi sambil mengembangkan bawahan. Lebih focus pada pencegahan (preventing) terjadinya masalah, hindari fire fighting (berulangkali memadamkan “api” tanpa menghilangkan sumber “api”nya). Jangan tergoda dengan chatting, main gadget yang tidak perlu dalam jam kerja yang mengganggu konsentrasi dan prestasi kerja. (Kalau tidak mengganggu pekerjaan, bolehkah….?)

8.  Pelihara kerjasama team yang lebih baik. (Egonya disuruh cuti dulu…..Gak usah cari nama, ’kan masing masing sudah punya…..Kecuali kalau sedang test, atau korupsi, jangan pula bekerjasama…)

9.  Minta gaji yang lebih baik…….eits, salah..….. ;-) (Prestasi dulu baru harapkan naik gaji….jadi cuman boleh ngarepin aja….?)

Resep diatas bisa diberlakukan juga ke customers dimana ‘Atasan’ adalah customer.

Bonus untuk Sales:

  1. Berikan response dan service yang lebih baik dan lebih cepat kepada pelanggan (Seringkali sales rep ngumpet kalau dicari pelanggan karena ada masalah…. Tapi cepat datang kalau ada prospect)
  2. Jaga Sales Coverage yang lebih baik, baik melalui kunjungan, ataupun komunikasi via media social. (Jadi ingat bagaimana sales rep saya rajin mendekati sekretaris boss, ngasih coklat, demi mendapatkan informasi. Ada yang lebih parah lagi, memacari si sekretaris…..)
  3. Kenali pelanggan dengan lebih baik. Bagaimana sifat sifatnya, apa yang disukainya, apa hobinya, mengenal keluarganya (jangan goda istrinya lhokecuali kalau pelanggan itu wanita…. )

Jika dilakukan dengan konsisten, semoga promosi, paling tidak naik gaji akan datang buat Anda. Apakah semudah itu…? Sepertinya iya…… Semoga…..

Buat teman teman yang belum baca resep promosi B yang pertama minggu lalu, bisa lihat disini: Before

Salam MindWeb,

Eka Wartana

Leave A Response »