Career dan Cha-Cha-Cha

admin 10/11/2017 0
Career dan Cha-Cha-Cha

Career dan Cha-Cha-Cha

Oleh: Eka Wartana

Apa sih hubungan antara Karier and Dansa? Adalah, yaitu Cha-Cha-Cha. Kok bisa?

Setiap karier seseorang tidak terlepas dari yang namanya Cha-Cha-Cha, tapi bukan yang dansanya. Cha-Cha-Cha yang dimaksud adalah: Challenge, Change, Chance. (Tantangan, Perubahan dan Kesempatan).

Challenges

Setiap orang akan menghadapi tantangan didalam hidupnya. Baik itu ditempat kerja, dalam bisnis, dalam komunitas, maupun tantangan dari dalam dirinya sendiri. Karyawan menghadapi tantangan akan target yang harus dicapai, tantangan persaingan bisnis maupun posisi, tantangan dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, tantangan untuk menghidupi keluarga, tantangan untuk menjadi orang yang lebih baik, lebih mampu.

Tantangan terberat yang dihadapi orang, saya pikir bukanlah target penjualan, bukan beban kerja, tetapi tantangan untuk mengendalikan diri (self-control). Self-control memerlukan keseimbangan antara logika dan emosi. Self-control memberi dampak pada banyak aspek kehidupan kita, termasuk profesi kita tentunya.

“Don’t limit your challenges; challenge your limits.” (Jerry Dunn)

Change

Kenapa ya, orang enggan untuk berubah? Bisa jadi karena mereka sudah merasa nyaman dengan kehidupannya, merasa nyaman dengan yang mereka lakukan, merasa nyaman dengan apa yang dimilikinya saat ini.

Atau bisa juga karena mereka kuatir menghadapi situasi baru yang belum mereka pahami? Atau karena mereka tidak cukup percaya diri, kurang berani, kurang gairah menghadapi hal hal baru? Mereka cenderung ingin melakukan segala sesuatunya seperti yang biasa mereka lakukan.

Dampak dari sikap anti perubahan,bisa jadi:

  1. Status mereka begitu begitu saja, atau
  2. Statusnya berubah juga, tapi kearah yang lebih buruk. Mereka tertinggal karena orang lain sudah berubah kearah yang lebih baik.

Komunikasi, transportasi, technology telah berubah begitu drastic dan akan terus berubah. Tanpa adaptasi terhadap perubahan, kita akan mengalami masalah didalam kehidupan. Kita harus siap menghadapi perubahan. Apakah ini sudah cukup? Ternyata tidak!

Selain siap menghadapi perubahan, kita juga harus berperan dalam mengadakan perubahan. Jadi, tidak hanya reactive, tapi juga proactive.

Setiap saat kita perlu meng-upgrade dan menambah pengetahuan dan informasi informasi baru, supaya tidak ketinggalan zaman. Kita perlu untuk melakukan continuous improvement (perbaikan yang terus menerus). Cukupkah itu? Ternyata belum cukup.

Sangat penting bagi kita untuk juga meng-upgrade cara berpikir kita. Kita tidak bisa selamanya berpikir dengan cara convensional karena itu sudah ketinggalan zaman. Cara berpikir baru sudah ada: The MindWeb Way of Thinking, yang memungkinkan kita berpikir secara otomatis (berpikir tanpa mikir).

There is nothing permanent except change.” (Heraclitus)

Chance

Seringkali Challenges dan Changes dating Bersama temannya: Chances, yang memberikan peluang kearah yang lebih baik. Menghadapi tantangan dengan semangat tinggi, dengan mengadaptasi terhadap perubahan yang terjadi, sekaligus membuat perubahan, maka pintu peluang dan kesempatanan akan sukses terbuka untuk kita.

Jadi, gak usah takut akan tantangan dan perubahan. Ayo kita hadapi dengan antusias dengan passion yang tinggi, dan nikmati hasil akhirnya dalam karier yang lebih baik.

Face the challenges > make changes > get the chances for better career.

The other “C” will follow: CASH.

“When you are ready to face challenges and adapt to changes, then be ready to have chances for a better future…….” (The MindWeb Way)

Let’s dance CHA CHA CHA for your CAREER advancement!

Warmest regards,

Eka Wartana

Founder The MindWeb Way of Thinking

Author To Think Without Thinking (Berpikir Tanpa Mikir)

Professional Licensed Trainer with 33 years managerial experience in various positions.

 

#themindwebway #mindweb #tothinkwithoutthinking #wayofthinking #berpikirtanpamikir #career #careerandchachacha #challengeschangeschances #chachadance #upgrade #thinkingbreakthrough #newwayofthinking #trainer

 

Leave A Response »