Yesterday, Today, Tomorrow

admin 17/05/2018 0
Yesterday, Today, Tomorrow

YESTERDAY – TODAY – TOMORROW

Oleh: Eka Wartana

Ada quote menarik yang banyak sekali dikutip oleh orang. Saking banyaknya orang yang mengutip, tanpa menyebut sumber (penciptanya), maka di internet ada banyak nama yang ditulis, ada Bil Keane, Eleanor Roosevelt, Joan Rivers, bahkan Kungfu Panda. Belum lagi para motivators, trainers yang mengucapkan quote itu tanpa menyebut sumbernya. Jaman sekarang kok masih ada yang orang seperti itu? Kasihan ya, penemunya!

“Yesterday is history. Tomorrow is a mystery. Today is a gift, that’s why it is called present”.

Nah, tanpa mikir, langsung saja muncul hal yang berbeda di dalam pikiran saya:

  • Makna: Maknanya kok seperti itu ya? Menurut saya, yesterday itu bukan history, today itu bukanlah hadiah (present) dan tomorrow itu bukanlah misteri.
  • Hubungan: Kok ketiganya, yesterday, today, tomorrow tidak ada hubungannya (interkoneksi). Padahal saling terkait satu dengan yang lainnya.

Maka muncullah quote saya ini:

“Yesterday is memory. Today is a mastery. Tomorrow is a victory” (MindWeb Way).

Baik maknanya maupun waktunya saling terinterkoneksi.

 

Yesterday is MEMORY, not history

Pikiran bawah sadar kita menyimpan begitu banyak informasi, ilmu pengetahuan, pengalaman, perasaan, nilai nilai di dalam memori jangka panjang kita yang terjadi ‘Yesterday’.

Semuanya itu bukan hanya disimpan atau dikenang saja, bukan history. Tapi sangat kita perlukan sekarang ini dan nanti. Kalau tidak, coba bayangkan, bagaimana kita membuat keputusan, menyelesaikan masalah, membuat kreatifitas dan inovasi, melatih intuisi, tanpa mengambil kembali memori yang ada di memori kita?

 

Today is a MASTERY, not a gift or present.

Menganggap bahwa ‘Today’ adalah hadiah, menggambarkan sikap yang pasif, tinggal menunggu saja kedatangan hadiah. Seakan kita pasrah saja menerima hadiah apa saja yang akan datang.

MindWeb Way mengajak kita berpikir dengan cara yang berbeda. Apa yang kita hadapi sekarang adalah akibat dari perbuatan kita di masa lalu (yesterday).

Yesterday dan Today itu ada interkoneksinya. Kita memanfaatkan semua pengetahuan, pengalaman, informasi di masa lalu, untuk mempelajari, menguasai hal-hal, ilmu-ilmu baru. Kita perlu me-mastery apa saja yang kita perlukan untuk Tomorrow yang lebih baik. Segala sesuatunya berubah. Kapan kita perlu menguasai hal hal yang ter-update? Ya, Today-lah…. Sekarang inilah saatnya kita belajar, mencari ide-ide baru, pengetahuan baru. Today is a mastery. Ini adalah modal untuk mencapai masa depan yang lebih bagus (a victory)

 

Tomorrow is a VICTORY, not a mystery.   

Tiada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. (Kecuali paranormal, barangkali?). Tapi, kata ‘misteri’ seakan membuat kita tidak memiliki pijakan, seakan kita menyerah saja pada apa yang akan datang. Bukan hanya kita tidak punya ide apa yang akan terjadi, tapi juga tidak tahu apa yang perlu dilakukan untuk menghadapinya.

Tanpa bermaksud takabur, bukankah akan lebih baik jika kita bersikap lebih optimis? Bukankah lebih baik bila kita focus pada apa yang ingin kita capai? Bukankah kita mempunyai kemampuan untuk melihat hubungan sebab-akibat yang menjadi dasar untuk membuat antisipasi dan prediksi?

Kita memerlukan pencapaian yang baik di masa depan, kita memerlukan kemenangan, a victory. So, Tomorrow is a victory.

Kesimpulannya:

Dengan memanfaatkan memori yang kita miliki, kita terus menambah ilmu kita saat ini dengan menguasai (mastery) ide-ide, penemuan-penemuan baru, untuk mencapai tujuan (victory) di masa depan.

 “Yesterday is memory, today is a mastery, tomorrow is a victory(MindWebWay- Eka Wartana)

 

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana,

Founder: The MindWeb Way of Thinking.

Author: To Think Without Thinking (in English), Berpikir Tanpa Mikir, MindWeb (Indonesia & English Edition).

Professional Licensed Trainer (MWS) with over 33 years of experience in various managerial positions.

 

#yesterdaytodaytomorrow

#history #present #mystery

#memory #mastery #victory

#tothinkwithoutthinking

#berpikirtanpamikir

#mindwebway

#mindweb

#ekawartana

#quote

#professionallicenedtrainer

#trainer

 

Leave A Response »