Hidden Weakness and Strength

admin 04/03/2019 0
Hidden Weakness and Strength
0
0

0
0
0

Hidden Weakness and Strength

Oleh: Eka Wartana

Kebanyakan orang hanya terfokus pada kelemahan lawan dan kekuatan sendiri dari yang terlihat saja. Hal itu wajar untuk orang yang berpikir secara konvensional. Padahal sesungguhnya masih ada kelemahan-kelemahan lawan dan keunggulan-keunggulan sendiri yang masih tersembunyi. Seringkali hal hal tersembunyi itulah yang menentukan kemenangan dalam persaingan!

Bagaimana caranya mengungkap hal-hal yang tersembunyi?

Gak usah memakai detective untuk keperluan itu. Cara sederhanya:

  1. Pelajari detailnya, apa hal hal yang membedakan antara produk kita dan pesaing.

Misalnya: Competitor menjual produk sejenis dengan harga lebih murah. Bisa jadi competitor itu mengurangi spesifikasi produk, yang tak teramati oleh pelanggan.

 

  1. Pakai cara interkoneksi antar informasi yang ada. Dengan melatih diri dengan interkoneksi, maka hal hal yang tersembunyi pun akan muncul dengan sendirinya, tanpa mikir……

Contohnya: Dari detail diatas, kita bisa melihat apa dampak dari pengurangan spesifikasi produk competitor, kerugian apa yang bisa dialami oleh pelanggan sehingga harga awal yang murah akan menjadi “mahal” dikemudian hari.

 

Cara diatas saya praktekkan ketika bersaing menjual alat alat berat di satu perusahaan tambang. Posisi saya lemah karena menurut klaim pelanggan: kapasitas blade bulldozer produk saya lebih kecil dan traktornya lebih berat dari competitor.

 

Dalam sekilas keberatan itu bisa saya atasi dengan interkoneksi ala MIndWeb Way:

  1. Faktor Blade (lempengan besi yang dipakai untuk mendorong tanah/batu kapur). Pikiran langsung melayang ke referensi apa yang dipakai. Ternyata pelanggan memakai standard JIS sementara produk saya memakai SAE, yang ada factor 0.8 nya. Problem solved!
  2. Berat Traktor. Pikiran langsung lompat ke komponen dari berat tractor. Ternyata competitor tidak memasukkan berat hydraulic tank, counter-weight (balans), dll. Problem solved! (Masalah berat ini penting bagi pelanggan karena daerah operasinya ada lubang lubang di bagian bawah operasi tambangnya)

Saya berhasil membongkar kelemahan produk lawan, sekaligus kelebihan produk sendiri. Akhirnya: memenangkan persaingan!

Sebenarnya masih ada factor lain yang mendukung kemenangan ini tapi terlalu panjang untuk dibahas di sini.

“Winning Strategy: Discover the HIDDEN WEAKNESSES of your OPPONENTS and the HIDDEN STRENGTH OF YOURS” (The MindWeb Way)

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS Int) dengan 33 thn pengalaman managerial.

Founder: The MindWeb Way of Thinking, To Think Without Thinking

Author: To Think Without Thinking (English Edition), Berpikir Tanpa Mikir (Indonesian Edition), MindWeb- A New Way of Thinking (English dan Indonesian Edition).

Website: www.mindwebway.com,

FB: www.facebook.com/eka.wartana.5

IG: www.instagram.com/eka.wartana/

Training, Book Order: eka.wartana@mindwebway.com

#winning #strategy #weaknessandstrength #interkoneksi #tothinkwithoutthinking #berpikirtanpamikir #mindwebway #mindweb #ekawartana

Leave A Response »