Waktu Itu Relative

admin 12/03/2019 0
Waktu Itu Relative
1
0

1
0
0

Waktu Itu Relative

Oleh: Eka Wartana

Judul diatas akan memancing protes:”Waktu itu bukan relative, tapi absolut (mutlak)”. Pendapat itu tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Ada faktor lain yang mengubah waktu dari absolut menjadi relative…..

Sehari itu 24 jam, satu jam itu 60 menit. Hal ini tidak bisa dibantah. Lalu, kenapa waktu bisa menjadi relative? Faktor apa saja yang membuatnya menjadi relative?

Ayo kita lihat fakta dalam kehidupan. Ada orang yang menonton stand-up comedy yang lucu. Dia merasa waktu satu jam kok sangat cepat berlalu. Apakah jam berdetak lebih kencang? Tidak!

Begitu juga sepasang muda mudi yang sedang pacaran. Waktu serasa mengebut, beberapa jam terasa hanya beberapa menit saja.

Sebaliknya, ada orang yang mengikuti presentasi selama satu jam. Dia merasa waktu sangat lambat berlalu. Dia merasa bosan, jenuh karena presentasinya tidak menarik. Menunggu seseorang juga menimbulkan rasa bosan, waktu seakan berjalan lambat.

Contoh lain lagi. Orang yang bermain HP selama berjam jam, tidak masalah. Tapi buat pembalap Formula 1, waktu sepersekian detik saja bisa mengubah nasibnya, kehilangan kesempatan menjadi juara.

Jadi, factor apa ya yang mengubah keabsolutan waktu menjadi relative?

Kiranya perasaan dan kepentingan yang mampu mengubah waktu yang absolut menjadi relative.

Perasaan senang, bergairah membuat waktu seakan semakin cepat berlalu. Kepentingan akan kecepatan dan ketepatan membuat waktu seakan berjalan ditempat.

“Waktu itu ABSOLUT. Perasaan dan Kepentingan

membuatnya menjadi RELATIVE”

(The MindWeb Way)

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS Int) dengan 33 thn pengalaman managerial.

Founder: The MindWeb Way of Thinking, To Think Without Thinking

Author: To Think Without Thinking (English Edition), Berpikir Tanpa Mikir (Indonesian Edition), MindWeb- A New Way of Thinking (English dan Indonesian Edition).

Website: www.mindwebway.com,

FB: www.facebook.com/eka.wartana.5

IG: www.instagram.com/eka.wartana/

Training, Book Order: eka.wartana@mindwebway.com

#tothinkwithoutthinking #berpikirtanpamikir #mindwebway #mindweb #ekawartana  #relative #absolut #waktu #perasaan #kepentingan

 

 

Leave A Response »