Kalsium Di keroyok Kopi-Teh-Softdrink

admin 14/03/2019 0
Kalsium Di keroyok Kopi-Teh-Softdrink
2
0

0
0
0

Kalsium Di keroyok Kopi-Teh-Softdrink

Oleh: Eka Wartana

Belum lama ini istri saya periksa dokter karena keluhan sakit di kepala akibat terjatuh. Dari hasil CT Scan, untungnya hasilnya bagus. Dan yang lebih bagus lagi adalah saran dokter untuk menghentikan minum kopi dan teh, bukan mengurangi.

Istriku paling gemar minum teh, bisa beberapa kali dalam sehari. Sudah itu tehnya kental sampai warnanya cokelat tua. Saya sering mengingatkan supaya mengurangi teh karena bisa menyebabkan tulang keropos (pernah ada yang bilang begitu). Tapi dia tetap saja meneruskan kegemarannya.

Rupanya kata kata dokter yang paling ampuh membuat dia stop minum teh. Begitu juga kopi. Saya sendiri ikutan stop minum teh yang biasanya dua kali sehari (pagi dan sore). Tapi kopi pagi dan siang, tetap jalan terus……

Saya bilang sekali sekali bolehlah minum teh atau kopi. Eh, dia setuju banget!

Rupanya teh, kopi dan soft drink mencegah penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Jadi, makan makanan berkalsium akan sia sia karena di “anulir” (kayak main bola aja….gak jadi gol) oleh minuman minuman itu.

Dokter manyarankan makan ikan teri (mengandung kalsium paling tinggi, tapi tak pernah melahirkan….ha ha ha, guyon…), keju dan susu untuk asupan kalsium sehari hari.

Intinya saya kira, tetap boleh minum kopi, teh, minuman ringan, asal jangan berlebihan. Terus minum minuman itu akan mendukung ekonomi dari perkebunan (kopi dan teh), industry, distribusi dan logistic, serta lapangan kerja.

Kopi juga banyak manfaatnya lho, seperti: menambah energi, meningkatkan fungsi otak, meredakan sakit kepala, menstimuli fungsi syaraf, dan lain lainnya. Karena itulah saya tidak berhenti ngopi….. Yang penting dijaga keseimbangannya dan jangan berlebihan.

Interkoneksi pemikiran ala MindWeb Way: kalsium, keropos tulang, kopi/teh/soft drink, ikan teri, susu/ keju, dokter, ekonomi (industry, distribusi/logistic), pengangguran, energi, fungsi otak.

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

#kalsium #keropostulang #kopi #teh #softdrink #ikanteri #susu #keju #ekonomi #industri #distribusi #logistik #lapangankerja #berpikirtanpamikir #mindwebway #ekawartana

Leave A Response »