CHANGE – Dari BER- ke MENG

admin 27/03/2019 0
CHANGE – Dari BER- ke MENG
1
0

0
0
0

Change-Dari Ber ke Meng

Oleh: Eka Wartana

 

Ada quote yang sangat terkenal tentang Change (Perubahan):

There is nothing permanent except change” (Heraclitus).

“Tiada satu hal pun yang permanen, kecuali perubahan itu sendiri.”

Kebanyakan orang mengartikannya dengan mengambil sikap: siap menerima dan menghadapi perubahan yang terjadi. Cara orang berbisnis berubah, yang tadinya memakai cara konvensional sekarang memakai media social. Cara orang berbelanja berubah, dari cara offline, pergi ke mall sekarang cukup via online. Cara orang berkomunikasi berubah, sudah semakin jarang bertemu dan lebih banyak berkomunikasi via gadget. Surat surat via pos sudah menghilang, berganti dengan surat elektronik. Dan banyak lagi perubahan lainnya

Semuanya berubah, kecuali satu: cara berpikir. Orang masih berpikir dengan cara konvensional. Berbagai hal di proses satu persatu tanpa terhubung (interkoneksi) satu dengan lainnya. Padahal sudah ada metoda berpikir baru yang jauh lebih efisien dan efektif: The MindWeb Way. Sayang sekali, bukan?

Dalam menghadapi perubahan, ada yang bisa menerima perubahan, ada yang enggan berubah. Mau tidak mau, setiap orang akan menghadapi perubahan. Orang memberi reaksi terhadap perubahan yang terjadi. Baguskah itu? Tentunya bagus. Kita jangan sampai ketinggalan ‘kereta’ perubahan dan tergilas oleh rodanya.

Kalau dikatakan bagus, tentulah bagus. Kita tidak bisa berdiam diri saja.

Tapi kalau kita ulas lebih lanjut, cukup baguskan buat kita (hanya) untuk siap menghadapi perubahan? Not good enough! Kenapa?

Karena sikap itu hanya bersifat reaktif. Tidak cukup untuk hanya berubah. Harus lebih dari itu. Apa itu? Mengganti sikap reaktif dengan sikap proactive: Mengadakan perubahan! Caranya? Dengan mengembangkan creativity and innovation, selalu mencari jalan yang lebih baik, mencari produk yang lebih bermutu, bersikap dengan lebih baik.

Namun demikian kita jangan sampai terjebak pada paradigma salah: asal berubah, dengan tujuan supaya jangan dibilang anti-perubahan. Tidak jarang orang mengadakan perubahan, supaya ‘asal berbeda’ saja. Jadinya ya, asal-asalan dan perubahannya salah arah dan salah kaprah.

 

“To change is not good enough. Let’s MAKE changes

(The MindWeb Way)

 

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS Int) dengan 33 thn pengalaman managerial.

Founder: The MindWeb Way of Thinking, To Think Without Thinking

Author: To Think Without Thinking (English Edition), Berpikir Tanpa Mikir (Indonesian Edition), MindWeb- A New Way of Thinking (English dan Indonesian)

Website: www.mindwebway.com, FB: www.facebook.com/eka.wartana.5

IG: www.instagram.com/eka.wartana/

Training, Book Order: eka.wartana@mindwebway.com

#tothinkwithoutthinking #berpikirtanpamikir #mindwebway #mindweb #ekawartana #change #heraclitus #perubahan #caraberpikir

 

Leave A Response »