Berbagi Ilmu

admin 12/04/2019 0
Berbagi Ilmu
0
0

0
0
0

Berbagi Ilmu

Oleh: Eka Wartana

Banyak sekali orang yang tidak mau berbagi ilmu dengan orang lain. Kenapa ya? Bisa jadi karena dia kuatir nanti orang lain lebih pintar dari dia. “Aku mencari ilmu dan pengetahuan dengan susah payah, masak orang lain mau enaknya saja memperolehnya dari aku”, begitu hatu kecilnya berkata.

Mereka itu tidak sadar lho, bahwa mereka tidak mau berbagi kepada sesama manusia, selama hidupnya, tapi malah memberikan otaknya dengan segala isinya untuk belatung belatung yang menggerogoti otaknya di liang kubur.

Dengan berbagi ilmu kepada sesama manusia, orang lain bisa menjadi lebih pintar. Ada manfaatnya yang besar. Tapi berbagi dengan belatung? Sia sia saja karena belatung tidak akan pernah menjadi pintar……

Karenanya, mumpung otak kita masih berfungsi, ayo kita sharing ilmu kita dengan orang lain. Jangan sampai persaingan menghambat kebiasaan baik untuk saling berbagi.

Dengan berbagi ilmu, ilmu kita sendiri tidak akan pernah berkurang, malah berkembang terus. Ilmu yang kita bagi sebenarnya memberikan factor kali bagi kita. Kenapa? Karena pembaginya adalah angka decimal (dibawah satu). Satu di bagi setengah adalah dua kali lipat. Satu dibagi 0.1 adalah 10 kali lipat.

Semakin banyak orang yang memperoleh ilmu kita, semakin kaya ilmu kita.

Kok masih ada orang yang lebih sayang kepada belatung daripada kepada manusia ya….? Kontradiktif sekali, bukan?

“Dua pilihan untuk berbagi ilmu:

Untuk orang lain selagi hidup di dunia, atau untuk belatung di liang kubur.

Berbagi dengan orang lain membuat orang pintar. Berbagi dengan belatung, akan sia sia karena belatung tidak akan pernah pintar….kecuali membuat otak kita membusuk. Pilihan ada di tangan kita…….”

(The MindWeb Way)

Salam Berpikir Tanpa Mikir

Eka Wartana

Founder: The MindWeb Way of Thinking

Author: To Think Without Thinking (English Edition), Berpikir Tanpa Mikir, MindWeb (Indonesian and English Edition)

Professional Licensed Trainer with 33 years of managerial experience in well-known companies.

#mindweb #themindwebway #ekawartana #berpikirtanpamikir #tothinkwithoutthinking #berbagi #knowledgesharing

Leave A Response »