Gelas Pikiran

admin 05/09/2019 0
Gelas Pikiran
0
0

3
0
0

Gelas Pikiran

Oleh: Eka Wartana

Ada satu metafora bagus yang dipakai oleh banyak trainers ketika memulai training: gelas pikiran. “Kosongkan gelas pikiran teman teman….” atau “Buka tutup gelas pikiran teman teman….”

Tujuannya, supaya peserta membuka pikiran terhadap ilmu yang akan diterima. Dengan cara berpikir konvensional, cara itu nampak bagus. Maka sering dipakai oleh trainers.

Tapi cara berpikir The MindWeb Way, melihat metafora ini dari sisi yang lain…..

Tutup Gelas.

Dibukanya tutup gelas pikiran, akan memungkinkan peserta menerima informasi dan pengetahuan baru. Apakah hanya ketika mengikuti training, orang perlu membuka ‘tutup gelas’ pikirannya? Bukankah selayaknya, pikiran setiap orang perlu selalu terbuka sehingga setiap saat siap untuk menyerap ilmu, informasi, pikiran.

Gelas

Dengan memakai metafora gelas, bukankah pikiran bawah sadar kita memperoleh kesan bahwa kapasitas otak kita hanya sekecil itu? Padahal kemampuan otak manusia sangat luar biasa, dengan kapasitas yang sangat besar.

Kosongkan

Dengan mengosongkan ‘gelas pikiran’ peserta diharapkan untuk memberi ruang untuk menyerap informasi yang diajarkan. Ada kesan, ilmu yang diserap ini ‘dipisahkan’ dengan apa yang sudah ada di dalam memori jangka panjangnya peserta.

Padahal semua informasi baru yang diserap, perlu diinterkoneksikan dengan informasi yang sudah dimiliki di dalam memori bawah sadar.

Saya lebih suka memakai metafora “gerbang pikiran” sebagai jalan masuk ilmu dan pengetahuan baru ke dalam “ruangan yang luar biasa luasnya (memori jangka panjang). Secara bawah sadar, cara ini meyakinkan diri peserta akan kemampuan besar untuk menyerap ilmu yang dipelajari.

“Ruangan”nya tidak perlu dikosongkan karena informasi baru dan yang sudah ada di memori jangka panjang perlu dibaurkan, untuk melihat interkoneksinya.

Dengan terbukanya interkoneksi antar informasi, maka setiap orang akan memperoleh manfaat: memperkuat daya ingat, mampu melihat berbagai hal secara holistic dan memungkinkan orang untuk mampu berpikir otomatis (berpikir tanpa mikir).

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS Int) dengan 33 thn pengalaman managerial.

Founder: The MindWeb Way of Thinking, To Think Without Thinking

Author: To Think Without Thinking (English Edition), Berpikir Tanpa Mikir (Indonesian Edition), MindWeb- A New Way of Thinking (English dan Indonesian)

 

Website: www.mindwebway.com, FB: www.facebook.com/eka.wartana.5

IG: www.instagram.com/eka.wartana/

 

Training, Book Order: eka.wartana@mindwebway.com

 

#tothinkwithoutthinking

#berpikirtanpamikir

#tanpamikir

#themindwebway

#mindweb

#ekawartana

#gelaspikiran

#tutupgelaspikiran

#interkoneksi

#gerbangpikiran

#pikiranbawahsadar

#memorijangkapanjang

 

Leave A Response »