Berguru Pada Alam

admin 30/12/2019 0
Berguru Pada Alam
1
0

0
0
0

Berguru Pada Alam

Oleh: Eka Wartana

Alam memang luar biasa. Alam mengandung banyak rahasia kehidupan yang seringkali tidak kita sadari. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita petik dari alam. Ketika duduk di tepi pantai Kuta, Bali, saya terinspirasi oleh deburan ombak di pantai. Maka muncullah tulisan ini.

Ombak di pantai.

Deburan ombak di tepi pantai begitu menggelora. Setelah menyentuh pantai, semuanya berakhir. Kemudian datang ombak lainnya yang juga berakhir di pantai.

Pelajaran yang tersembunyi:

  • Masalah. Bila ombak kita lukiskan sebagai masalah, maka semua masalah, betapapun besarnya akan berakhir. Berakhirnya kapan? Di akhir zaman atau di akhir hayat?

Kiranya hal itu tergantung dari persiapan (plus antisipasi), skills & competencies, strategi dan usaha yang dilakukan. Apakah kita menyiapkan permukaan pasir yang meninggi untuk meredam ombak, atau dinding batu terjal untuk membendung hantaman ombak?

Masalah bisa terjadi berulang. Namun sebagian besar mestinya bisa kita antisipasi melalui pengalaman dan prediksi.

 

  • Berkah. Dalam setiap masalah seringkali tersembunyi berkah. Saya lihat bagaimana peselancar ‘menari’ diatas ombak yang besar. Semakin besar ombaknya, semakin besar nikmat yang dirasakannya. Suasana menjadi kontras dengan adanya turis berbikini tiduran dengan acuh tak acuh di pasir……

 

Dalam kehidupan, semakin besar tantangan yang kita hadapi, semakin besar semangat dan optimism yang diperlukan. Dengan demikian kita bisa ‘mengatasi ombak besar” kehidupan.

 

  • Skills. Menarik sekali melihat pemandangan ketika orang mulai belajar berselancar. Mereka berjatuhan dari papan selancarnya, ketika baru menaiki papan selancarnya. Mereka dengan gigih mencoba dan mencoba lagi. Apakah usaha yang sama dilakukannya ketika menghadapi kendala dalam pekerjaan ataupun kehidupannya? Apakah mereka akan selalu mengasah skills dan meningkatkan competency mereka?

 

  • Practice. Peselancar berlatih terus untuk mampu menguasai bagaimana menikmati alunan ombak, kapan masuk ke dalam irama ombak, bagaimana menjaga keseimbangan badan. Dalam profesi kita, latihan ini memberikan pengalaman, bagaimana menghadapi berbagai masalah kehidupan.

Laut Dalam

Ketika hendak melaut, para nelayan berjuang keras melawan ombak. Kalau dia tidak sanggup ‘mengendalikan’ perahunya, maka dia akan terdampar kembali ke pantai. Nelayan yang berhasil melewati tantangan ombak tersebut akan bisa melaju ke tengah laut. Di sanalah terdapat banyak ikan yang besar. Apakah si nelayan akan memperoleh ikan ikan besar itu? Belum tentu! Mereka tetap memerlukan usaha menjaring ikan ikan tersebut. Ikan ikan itu tidak akan datang dengan sendirinya. Begitu pula rezeki dan kesuksesan yang memerlukan usaha dan kemampuan kita untuk mencapainya

Pelajaran yang tersembunyi:

Seringkali sukses dimulai dengan perjuangan berat yang memerlukan ketangguhan, ‘perahu’ yang handal (mental dan sarana) dan kejelian kita memakai strategi melawan ‘ombak’ tantangan.

Tsunami

Nah, ombak raksasa ini jangan dilawan, tapi dihindari. Alih alih ‘fight’ (melawan), lebih baik ‘flight’ (menghindar, lari) aja. Ada lagi cara yang lebih baik (preventive): tinggal di tempat yang cukup tinggi sehingga kapanpun tsunami menyerang, kita berada dalam posisi aman. Ini diibaratkan mempersiapkan diri dengan kehidupan yang cukup mapan sehingga ketika terjadi kendala, kita mampu bertahan (survive).

Oh, iya jadi teringat bagaimana tsunami juga kita alami dalam sosmed. Melimpahnya informasi membuat banyak orang menjadi korban, tanpa disadarinya. Article terkait: Tsunami Informasi http://www.mindwebway.com/?p=1016

Kesimpulan

Dalam kehidupan, kita terlibat dengan:

  • ‘Ombak’ (situasi) yang perlu kita kendalikan. Ini hanya mampu kita lakukan dengan skills dan competencies yang baik.
  • ‘Tsunami’ (masalah besar) yang bisa datang kapan saja, tanpa mengetuk pintu, yang perlu kita hindari dengan antisipasi dan prediksi.
  • ‘Laut dalam’ (tujuan) yang kita tuju untuk menuai hasil usaha kita.

 

“Winning Strategy:

Discover the HIDDEN WEAKNESSES of your OPPONENTS

and the HIDDEN STRENGTHS of YOURS”

(The MindWeb Way)

 

MY WAY…..YOUR WAY….MINDWEB WAY!

 

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS International) with 33 yrs of managerial experience.

Founder The MindWeb Way of Thinking

Author Berpikir Tanpa Mikir, To Think Without Thinking (English Edition), MindWeb (Indonesia & English Edition).

Training needs: eka.wartana@mindwebway.com, WA 081281811999

Book needs: WA 081281811999, Amazon.com, getscoop.com (ebook)

 

#berpikirtanpamikir #tothinkwithoutthinking #mindwebway #ekawartana #trainer #mindwebwayofthinking  #controlthesituation #antisipasi #ombak #tsunami #lautdalam #pantai #kutabali #selancar #surfing #skills #competency #fightorflight #prediksi #masalah #berkah #alam

 

Leave A Response »