GIGO dan GOGI

admin 26/02/2020 0
GIGO dan GOGI
1
1

0
0
0

GIGO dan GOGI

Oleh: Eka Wartana

GIGO adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di bidang computer: Garbage In, Garbage Out. Kalau program yang kita masukkan (input) itu ‘sampah’, maka output-nya juga ‘sampah’.

GIGO ini menimbulkan ispirasi saya tentang hal lain yang jauh dari bidang computer.

Ini menyangkut asas sikap manusia. Yang pertama tentang balas dendam. “Sampah” yang diterima seseorang (garbage in) akan dibalas dengan “sampah” ke orang lain (garbage out). Perbuatan jahat (sampah) dibalas dengan perbuatan jahat juga.

Sialnya, hal sebaliknya juga berlaku: GOGI (Garbage Out, Garbage In). kejahatan yang dilakukan terhadap orang lain akan mendatangkan balasan juga. Dendam mendendam seperti ini tidak akan ada habisnya, sampai kedua pihak menderita. Score akhir: lose – lose, sama sama kalah.

Maka sebaiknya kita cari bentuk GIGO dan GOGI yang lain, yang positive. Daripada berbicara tentang sampah, mendingan berbicara tentang kebaikan (emas), bukan?

GIGO: Gold In, Gold Out

GOGI: Gold Out, Gold In

GIGO. Semua kebaikan yang kita terima, selayaknya kita balas dengan kebaikan juga. Daripada balas dendam, lebih baik membalas budi. (sikap kedua)

GOGI. Apa yang kita lakukan akan berbalik ke diri kita sendiri. Kebaikan yang kita sebarkan ke orang lain, akan mendatangkan kebaikan juga untuk diri kita sendiri. Ini sejalan dengan asas tabur tuai.

Emas tentunya jauh lebih menarik daripada sampah, bukan? Emas mendatangkan kenyamanan, sampah mendatangkan penyakit.

Yuk kita ganti ‘sampah’ dengan ‘emas’!

Pembelajarannya:

Dalam hidup ini, ada banyak hal hal yang berhubungan namun tidak terlihat. Mendengar GIGO orang hanya teringat dengan computer. Padahal GIGO juga ada hubungannya dengan GOGI, dengan emas, dengan balas dendam, dengan tabur tuai.

Cara berpikir seperti ini berdasarkan pada cara berpikir interkoneksi ala MindWeb Way of Thinking. Dengan cara ini kita bisa melihat hubungan hubungan yang tak terlihat oleh orang lain. Kok bisa? Karena cara berpikir modern itu membuka pikiran kita untuk bisa melihat berbagai hal secara holistic (menyeluruh, luas) dan terintegrasi.

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS International) with 33 yrs of managerial experience.

Founder, Master Trainer, The MindWeb Way of Thinking

 

Author Berpikir Tanpa Mikir, To Think Without Thinking (English Edition), MindWeb (Indonesian & English Edition).

Training needs: eka.wartana@mindwebway.com, WA 081281811999

Book needs: WA 081281811999, Amazon.com, getscoop.com (ebook)

 

#berpikirtanpamikir #tothinkwithoutthinking #mindwebway #ekawartana #trainer #mindwebwayofthinking  #gigo  #gogi  #sampah  #emas  #holistic  #integrated  #balasdendam  #balasbudi  #taburtuai  #garbage

 

 

Leave A Response »