Waspada dan Curiga

admin 20/04/2020 0
Waspada dan Curiga

Curiga dan Waspada

Oleh: Eka Wartana

Dibebaskannya banyak narapidana dari penjara membuat masyarakat menjadi waspada. Pagar rumah yang biasanya tidak dikunci, digembok terus. Masyarakat melakukan tindakan pencegahan untuk menghindarkan diri menjadi korban. Mereka takut menjadi korban kejahatan.

Dalam situasi tertentu, perasaan takut ternyata mampu mengubah sikap waspada menjadi curiga. Ketika ada motor berhenti di depan rumah, langsung curiga, jangan jangan orang itu mengintai rumahnya. Padahal pengendara motor itu sedang menerima panggilan telepon.

Sebenarnya sikap waspada itu bagus. Kita mengambil langkah langkah untuk menghindari terjadinya hal hal yang tidak dikehendaki. Tujuannya lebih ke perlindungan diri.

Berbeda dengan curiga. Orang sudah menduga hal hal yang negative yang seringkali tidak berdasarkan alasan yang cukup kuat.

Nah, dalam masa pandemic Covid-19 ini, orang takut tertular virus Corona. Dalam pikiran banyak orang, setiap orang lain dianggap sebagai “pembawa” virus. Setiap orang sih wajib waspada supaya terhindar dari tertular Covid-19.

Stay at home, work from home, hanya pergi kalau memang sangat perlu saja. Kemudian ketika berada di tempat umum, setiap orang perlu manjaga jarak., untuk keamanan diri. Sebenarnya sikap ini sudah menunjukkan rasa curiga, siapa tahu orang itu sudah tertular virus.

Dalam situasi seperti itu, tidak ada salahnya untuk merasa curiga. Namun sebisa mungkin janganlah berlebihan dalam bersikap dan tetap cerdas emosi.

Waspada dan curiga sudah menjadi semakin kabur dan membaur……

“Rasa takut mampu mengubah waspada menjadi curiga”

(The MindWeb Way)

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS International) with 33 yrs of managerial experience.

Founder, Master Trainer, The MindWeb Way of Thinking

 

Author Berpikir Tanpa Mikir, To Think Without Thinking (English Edition), MindWeb (Indonesian & English Edition).

Training needs: eka.wartana@mindwebway.com, WA 081281811999

Book needs: WA 081281811999, Amazon.com, getscoop.com (ebook)

 

#berpikirtanpamikir  #tothinkwithoutthinking  #mindwebway  #ekawartana  #trainer #mindwebwayofthinking  #curiga  #waspada  #covid19  #takut

 

 

 

Leave A Response »