Rasial Pembawa Sial

admin 05/06/2020 0
Rasial Pembawa Sial
2
0

0
0
0

Rasial Pembawa Sial

Oleh: Eka Wartana

Nila itu bukanlah susu. Namun “Karena nila setitik bisa merusak susu sebelanga”. Pertanyaannya: “Nila” itu siapa? “Susu” itu siapa? Kita itu “Nila”nya (Pelaku) atau “Susu”nya (Korban)?

Belakangan ini banyak komentar yang menyudutkan saudara saudara kita dari keturunan Timur Tengah. Ini sangat mengusik rasa keadilan. Kenapa gara gara ulah segelintir orang, lalu digeneralisir dan mengorbankan orang orang keturunan itu?

Lebih parahnya lagi, semua orang keturunan Timur Tengah itu di cap Arab, padahal ada belasan negara di Timur Tengah. Selain Arab Saudi, ada negara negara lain seperti: Yaman, Oman, Iran, Irak, Turki, Bahrain, Kuwait, dan lain lainnya. Bahkan Israel termasuk di Kawasan Timur Tengah.

Sebagian besar dari keturunan mereka di Indonesia adalah orang orang baik seperti banyak teman teman saya. Namanya dirusak oleh segelintir orang jahat.

Faktanya, pada setiap ras ada orang jahatnya (teroris, bandit, perampok, dsb). Apakah itu berarti semua ras itu jahat? Termasuk ras kita semua? Tentu tidak!

Bila ada segelintir orang yang bertindak sebagai penjahat atau teroris, ya orang itulah terorisnya, bukan sukunya, bukan agamanya, bukan ras-nya, bukan golongannya.

Sikap rasial cenderung membawa sial. Bukan hanya buat korbannya, tapi juga pelakunya. Di satu tempat seseorang bisa menjadi mayoritas, tapi di tempat lain dia menjadi minoritas. Jadi siapa pemenangnya? Tidak ada!

Ayolah kita bersama sama menjaga toleransi antar suku, agama, ras, antar golongan. Kita jauhkan “nila” dari “susu”nya. Kita focus pada “APA”nya, kelakuannya, bukan “SIAPA”nya.

“SIAPA”nya adalah takdir, seseorang tidak bisa memilih mau menjadi orang, suku apa. Tapi melakukan “APA” adalah pilihan yang menentukan nasibnya. Sayangnya, pilihannya yang salah bisa memengaruhi nasib orang lain juga…….

Memang rasial itu pembawa sial……

Semua orang, apapun SARA-nya adalah makhluk ciptaan Tuhan. Membenci mereka itu sama dengan membenci ciptaan Tuhan…. Gimana gak sial ya, nasibnya?

Note: Mohon maaf ya, buat rekan rekan yang kurang berkenan dengan artikel ini.

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS International) with 33 yrs of managerial experience. Founder, Master Trainer, The MindWeb Way of Thinking

 

Author Berpikir Tanpa Mikir, To Think Without Thinking (English Edition), MindWeb (Indonesian & English Edition).

Training needs: eka.wartana@mindwebway.com, WA 081281811999

Book needs: WA 081281811999, Amazon.com, getscoop.com (ebook)

 

#rasial #agama #suku # ras #golongan #kerukunan #takdir #nasib #pilihan #timurtengah #arab #susu #nila  #berpikirtanpamikir  #tothinkwithoutthinking  #mindwebway  #ekawartana  #trainer #mindwebwayofthinking

 

 

 

Leave A Response »