Nasin atau Takdir

admin 14/07/2020 0
Nasin atau Takdir
1
0

0
0
0

Nasib atau Takdir

Oleh: Eka Wartana

Masih banyak orang yang mencampuradukkan nasib dan takdir. Pemulung menganggap sudah takdirnya menjadi pemulung. Padahal kalau mau dia dia bisa mengubah nasibnya. Tetapi keyakinannya yang sangat kuat melekat di pikiran bawah sadarnya membuat dia tidak bisa berbuat lain kecuali menjadi pemulung.

Adalah takdir orang berjenis kelamin pria atau wanita. Bila kemudian ada yang menjadi gay atau lesbian, itu adalah pilihannya sendiri, baik karena pengaruh pergaulan ataupun kemauannya sendiri.

Adalah takdir seseorang yang terlahir sebagai suku Jawa, Papua, Bali, Minang, Batak dan lainnya. Mereka tidak bisa memilih sukunya, orang tuanya, tempat lahirnya.

Artikel ini tidak dimaksudkan untuk memperdebatkan ajaran agama apapun. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman hidup dan logika sendiri.

Jodoh itu apakah takdir atau nasib? Jawabannya dimulai dengan pertanyaan: “Apakah orang memilih calon istrinya sendiri?”. Kalau iya, itu adalah nasib. Dia bisa saja menentukan pilihannya sendiri. Nah, setelah itu barulah wanita itu ditakdirkan menjadi istrinya.

Bagaimana kalau nantinya terjadi perceraian? Halnya kembali lagi pada pertanyaan:”Siapa yang memilih untuk bercerai?” Jadi inipun bukan takdir tapi nasib yang dipilihnya membuatnya menjadi takdir.

Sederhanannya, menurut saya, Tuhan memberikan manusia hak untuk memilih dengan segala konsekuensinya. Nasibnya tergantung keputusannya. Itulah takdirnya yang bisa berubah lagi menjadi pilihan, nasib dan takdir baru. Dan seterusnya.

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS International) with 33 yrs of managerial experience.

Founder, Master Trainer, The MindWeb Way of Thinking

Author Thinking Without Thinking, To Think Without Thinking (English Edition), MindWeb (Indonesian & English Edition).

Training needs: eka.wartana@mindwebway.com, WA 081281811999

Book needs: WA 081281811999, Amazon.com, getscoop.com (ebook)

#takdir #nasib #pilihan #keputusan #suku #pikiranbawahsadar #thinking without thinking #tothinkwithoutthinking #mindwebway #ekawartana #trainer #mindwebwayofthinking

 

Leave A Response »